Cara mengambil izin kepemilikan (Take ownership) dari sebuah file atau folder di windows

Kadang ketika kita ingin mengganti tema atau skin di windows dengan tema lain yang mengharuskan kita untuk mengganti atau memodifikasi file sistem yang ada di windows, kita perlu mengambil kepemilikan atas file atau folder sebelum memodifikasi atau menggantinya.
Bagi yang belum tahu cara mengambil izin kepemilikan (take ownership) dari sebuah file atau folder di windows, berikut ini akan di jelaskan dengan gambar cara mengambil kepemilikan dan memberikan izin penuh untuk diri kita dari sebuah file atau folder di windows.
Berikut langkah-langkahnya :

  1. Arahkan ke folder yang berisi file atau folder di mana Anda ingin diambil hak kepemilikannya. Klik kanan pada file atau folder dan pilih Properties.
  2. Kemudian jendela properties akan terbuka, Sekarang, masuklah ke tab “Security” dan pilih nama pengguna Anda dari daftar yang diberikan. Anda akan melihat bahwa ia tidak memiliki kontrol penuh.
  3. Klik pada tombol “Advanced” dan klik ke tab “Owner”. Anda akan melihat bahwa pemilik (owner) akan diatur ke “TrustedInstaller”.
  4. Kemudian klik pada tombol “Edit” lalu pilih nama user yang sedang kita gunakan kemudian klik tombol “Ok”
  5. Tutup kedua jendela properties lalu kembali pada jendela properties yang pertama, sekarang klik lah pada tombol “Edit“, kemudian jendela baru akan terbuka.
  6. Kemudian pilih nama user kita, dan centang kotak “Full control”, klik tombol “Apply” kemudian klik tombol “Ok”
  7. Selesai, sekarang kita mempunyai hak kontol penuh terhadap file atau foldernya. Selanjutnya kita bisa memodifikasi atau mengganti file atau folder tanpa ada masalah, backup terlebih dahulu dengan cara menyalinnya ketempat lain atau mengganti namanya menjadi nama lain sebelum memodifikasinya. 

sumber: http://www.hong.web.id/tips-and-trick/cara-mengunci-wallpaper-desktop-komputer

Posting Komentar - Back to Content