Remote Desktop di Jaringan.

Remote desktop adalah fasilitas yang disediakan windows XP untuk me-remot desktop(mengendalikan computer orang) jarak jauh. Fasilitas yang digunakan adalah “mstsc”. Jadi jika kita menggunakan fasilitas ini. Nantinya tampilan computer kita akan sama dengan computer target…nach loch. selanjutnya kita bisa membuka aplikasi apa saja yang ada di computer target dengan mengklik-nya di computer kita. Remote desktop ini berguna jika kita menjadi seorang admin jaringan trus kita akan mengistall software di computer client yang letaknya di lantai 2 sedangkan kita ada di lantai 1. jadi kita gak usah cape-cape (naik ojek apalagi jalan becek) pergi ke lantai 2 untuk meng-install software tersebut…Menarik bukan???.
Sedangkan untuk memanfaatkan fasilitas ini harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
  1. Minimal ada 2 komputer yang sudah terpasang jaringan.
  2. Kita tahu alamat IP computer yang akan kita remot.
  3. Kita juga harus tahu nama username dan password login computer yang mau kita remote.
Tiga syarat itu sudah cukup, sekarang Ikuti langkah2 berikut ini:
  1. Klik kanan icon “My Computer” > pilih Properties > pilih tab menu “Remote”
  2. Dibagian “Remote Desktop”, pilik cek list yang ada tulisan “Allow user to connect remotely….”
  3. Klik Apply > OK
Kita melakukan ini gunanya agar computer kita bisa di remote atau me-remot. Setelah itu barulah kita aktifkan fasilitas “mstsc” dengan cara :
  1. Klik “start” > run > ketik “mstsc” tanpa tanda petik yach…jika sudah muncul
  2. Ketik alamat IP target misalnya : 192.168.0.7 atau kita juga bisa browse…
  3. Jika sudah terkoneksi, tinggal masukan username dan password computer target biar bisa masuk.
  4. OK
Selamat kita udah bisa meremote computer orang lain….nach di computer kita sekarang ada dua tampilan desktop, satu tampilan desktop computer target dan satu lagi tampilan computer kita sendiri. Untuk masuk ke tampilan computer kita sendiri, kita tinggal minimize tampilan desktop target dengan mengklik tanda “minimize” yang ada di posisi paling atas desktop target…ada kan???
Sementara kita bertanya-tanya. bagaimana nasib si computer target yang sedang kita remot??. Ternyata computer target dalam kondisi “logoff”, Jika yang punya udah datang lagi trus login ke computer yang kita remote…maka koneksi akan terputus, dan kita tidak bisa meremotnya lagi, kecuali atas persetujuan yang punya…gitu. Nach sekian dari saya…semoga berguna dan bisa di praktikan.


sumber: http://ri32.wordpress.com/2008/07/14/remote-desktop-di-jaringan/

Posting Komentar - Back to Content